Jumat, 24 Februari 2023

Plugin HTTP Request Untuk Cordova Android

HTTP Request adalah metode yang digunakan untuk bertukar data atau informasi antar perangkat komputer yang saling terhubung dalam sebuah jaringan baik jaringan lokal bahkan internet. Pertukaran data atau informasi dilakukan melalui Hypertext Transfer Protokol alias HTTP.

Umumnya, teknologi HTTP digunakan oleh aplikasi berbasis Website namun saat ini banyak digunakan untuk kebutuhan lain seperti membangun aplikasi RESTful atau API. Pertukaran data melalui metode ini dianggap lebih aman dan lebih mudah diterapkan. Bahkan untuk perangkat cerdas yang telah mendukung pertukaran data melalui HTTP seperti Android. Berikut adalah ilustrasi pertukaran data melalui HTTP Request


Baru-baru ini, pada saat postingan ini ditulis saya baru saja merampungkan sebuah plugin cordova untuk android yang dapat digunakan untuk melakukan pertukaran data melalui HTTP Request. Plugin ini dapat dimanfaatkan untuk mengambil data dari server melalui Get, mengirim data melalui Post, mengupload file ke server bahkan mendownload file dari server. Namun demikian, plugin ini terbatas hanya untuk android. 

Plugin tersebut dikhususkan untuk kebutuhan sederhana, setidaknya untuk memahami bagaimana melakukan pertukaran data dari server ke perangkat android. Nama pluginnya adalah cordova plugin simple http request. Informasi lebih lanjut tentang plugin ini telah saya publikasikan di repositori online github dan npmjs. Adapun cara penggunaan dapat dibaca pada file readme. Semoga bermanfaat. 


0 komentar:

Posting Komentar