Jumat, 24 Februari 2023

Membuat File PDF Dari String HTML di Cordova Android

Portable Document Format (*.PDF) seringkali menjadi pilihan dalam menyajikan informasi dalam bentuk file, apalagi untuk informasi yang dibutuhkan secara rutin seperti laporan harian, mingguan atau bulanan. Selain karena format yang sederhana karena hampir semua platform menyediakan aplikasi pendukung untuk membuka file ini, file PDF dinilai lebih aman dari virus.


Kali ini saya ingin berbagi plugin cordova yang saya buat untuk mengkonversi HTML menjadi PDF. Plugin ini merupakan implementasi dari Library Java yaitu Itext HTML2PDF sehingga plugin ini hanya tersedia untuk android. 

Sebenarnya, ada banyak plugin cordova yang dapat digunakan untuk membuat file PDF. Bahkan telah mendukung lintas platform. Namun demikian, saya sengaja membuat plugin ini dengan tujuan sebagai pembelajaran bagi saya pribadi untuk mengetahui langkah-langkah mengkonversi HTML menjadi PDF melalui aplikasi android yang dibuat menggunakan Cordova. 

Plugin ini menyedian dua buah opsi untuk mengkonversi HTML menjadi PDF yaitu String dan File. Pada proses pengujian yang saya lakukan opsi konversi String HTML menjadi PDF berjalan normal di Android 12. Namun demikian, untuk opsi File HTML terjadi masalah permission file. 

Plugin ini telah saya publikasikan di repository online github dan npmjs. Untuk panduan penggunaannya silahkan buka file readme. Semoga bermanfaat. 

0 komentar:

Posting Komentar