Selasa, 07 Februari 2023

Cara Mengakses Database MySQL Langsung Dari Aplikasi Android Cordova

Oke, pada postingan ini saya mau sharing sedikit pengalaman dan alat bantu yang saya buat untuk menjembatani aplikasi android yang dibangun menggunakan cordova agar dapat terhubung secara langsung dengan database MySQL (dalam kasus ini MariaDB menggunakan xampp). 

Sebenarnya cara paling ideal untuk menghubungkan database ke aplikasi android adalah dengan membangun sebuah jembatan melalui Application Programming Interface (API). Biasanya cara ini menggunakan layanan HTTP Request. Namun demikian, saya tidak akan membahasnya disini. 

Untuk alasan keamanan data dalam pengembangan aplikasi yang lebih serius, menghubungkan database secara langsung dengan aplikasi android sebaiknya dihindari karena informasi database seperti user dan password tersimpan di sisi client (dalam .apk android) yang dapat di decompile oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Saya memposting cara ini hanya sebagai pembelajaran saja. tidak lebih! Berikut adalah contoh screenshot hasil pengujian di perangkat android milik saya. 

plugin cordova untuk menghubungkan aplikasi android dengan database mysql secara langsung


Pada saat postingan ini ditulis, sejauh penelusuran saya di Internet, saya tidak menemukan plugin untuk menghubungkan database mysql secara langsung ke aplikasi android sehingga saya membuatnya sendiri. Nama pluginnya adalah cordova plugin mysql direct android dan sudah saya publikasikan di repository online github dan npmjs. Cara penggunaannya sangat mudah, anda dapat membacanya di file readme atau melihat contoh penggunaannya di folder example. Akhir kata semoga plugin ini bermanfaat untuk mereka yang membutuhkan. 

0 komentar:

Posting Komentar