Rabu, 01 Januari 2020

Membuat Aplikasi Android Menggunakan Lazarus Free Pascal (LAMW)

Lazarus Android Module Wizard (LAMW) adalah sebuah alat bantu yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi Android menggunakan bahasa pemrograman Free Pascal dengan jembatan Java Native Interface (JNI). Sebelum LAMW dikembangkan, untuk membuat aplikasi Android menggunakan Free Pascal dapat dilakukan dengan Custom Drawn.

Dari pertama kali dikembangkan sampai saat ini, saya rasa LAMW cukup powerfull untuk membuat aplikasi Android yang sifatnya Personal sampai menengah. Projek ini dikembangkan secara sukarela dan bersama-sama berbasis open source. Anda dapat memantau sekaligus membantu pengembangannya melalui (https://github.com/jmpessoa/lazandroidmodulewizard). Terdapat beberapa persyaratan agar LAMW dapat berjalan dengan maksimal yaitu (windows):

1. Java Development Kit (JDK) / Sangat direkomendasikan menggunakan versi 8 (http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/jdk8-downloads-2133151.html)

2. Android Software Development Kit (SDK) / https://dl.google.com/android/repository/tools_r25.2.5-windows.zip

3. Android Native Development Kit (NDK) / https://developer.android.com/ndk/downloads/index.html

4. Laz4Android. Versi terakhir saat postingan ini ditulis adalah 2.0.0 (https://sourceforge.net/projects/laz4android/)

5. Apache Ant (http://ant.apache.org/bindownload.cgi)

6. Grandle 4.4.1 (https://gradle.org/next-steps/?version=4.4.1&format=bin)

Jika semua persyaratan tersebut diatas sudah terpenuhi. Berikut adalah langkah-langkah pemasangan LAMW untuk membuat aplikasi Android menggunakan Free Pascal.

1. Install JDK

2. Install Laz4Android di (C:\laz4android2.0.0)

3. Extrak Android SDK misal di (C:\LAMW) kemudian buka folder tools dan jalankan android.bat. Berikut adalah daftar yang harus dipasang (butuh akses internet).

a) centang "Android SDK Tools"
b) centang "Android SDK Platform-Tools" 

c) centang "Android SDK Build-Tools 26"       
d) centang "Android SDK Build-Tools 26.0.2"      
f) centang "Android SDK Build-Tools 27"
g) centang "Android SDK Build-Tools 27.0.3"
h) centang "Android SDK Build-Tools 28.03"
i) centang "Android SDK Build-Tools 29"
j) centang "Android SDK Build-Tools 29.0.5"
k) "Android 8.0.0 (API 26)" centang "SDK Platform"
l) "Android 8.1.0 (API 27)" centang "SDK Platform"
m) "Android 9 (API 28)" centang "SDK Platform"
n) "Android 10 (API 29)" centang "SDK Platform"
o) "Extras" centang sbb:
    "Android Support Repository"                               
    "Google USB Drive"   
    "Google Repository"
    "Google Play Services"
   

Membuat Aplikasi Android Menggunakan Lazarus Free Pascal (LAMW)

4. Extrak Android NDK, Apache Ant dan Grandle. Usahakan untuk menggabungkan dalam satu folder agar menjadi lebih mudah diakses. misal di (C:\LAMW). Berikut penampakan folder (C:\LAMW)

 Membuat Aplikasi Android Menggunakan Lazarus Free Pascal (LAMW)
 
5. Jalankan Laz4Android2.0.0 - Package - Open Package File (.lpk). Kemudian buka dan install satu persatu package LAMW berikut:

a). tfpandroidbridge_pack.lpk  
b). lazandroidwizardpack.lpk  
c). amw_ide_tools.lpk


6. Setelah menginstall LAMW langkah terakhir adalah melakukan sedikit konfigurasi. Jalankan Laz4Android2.0.0 - Tools - [LAMW] Android Module Wizard - Paths Setting [Jdk, Sdk, Ndk]. Sebagai berikut (Sesuaikan dengan path di komputer anda).

Membuat Aplikasi Android Menggunakan Lazarus Free Pascal (LAMW)
7. Pemasangan Selesai..

Setelah instalasi dan konfigurasi LAMW berhasil, untuk melakukan ujicoba biasanya saya melakukan kompilasi salah satu demo yang disertakan di dalam master LAMW. Silahkan buka salah satu projek demo tersebut (File - Open) arahkan ke folder demo kemudian buka salah satu projek GUI misal (AppSqliteDemo1 - jni - controls.lpi). Jika muncul beberapa dialog klik saja ok. Berikut adalah tampilan Design form projek tersebut.

Membuat Aplikasi Android Menggunakan Lazarus Free Pascal (LAMW)

Untuk mengcompile, akses menu Run - [LAMW] Build Android Apk And Run. Pada contoh ini saya tidak menggunakan emulator tapi menyambungkan smartphone Andoid ke PC sehingga outputnya akan langsung terpasang di smartphone saya (perlu mengaktifkan mode debug di hp dan menginstall ADB Driver di PC). Berikut adalah Screenshot Message hasil compile dan setelah dijalankan di smartphone. Jika muncul dialog klik Create it.   

Membuat Aplikasi Android Menggunakan Lazarus Free Pascal (LAMW)

Adapun output hasil kompilasi (file *.apk) akan berada di folder bin (C:\LAMW\lazandroidmodulewizard-master\demos\GUI\AppSqliteDemo1\bin) terdapat beberapa file namun anda dapat menggunakan salah satunya misal AppSqliteDemo1-debug.apk. Tapi jika kompilasi menggunakan Grandle maka outputnya akan berada di folder debug (build\outputs\apk\debug).

Catatan:
Jika anda menggunakan thema AppCompat kompilasi akan menggunakan Grandle dan membutuhkan akses internet.

Untuk membuat projek baru menggunakan LAMW dilakukan melalui menu File - New. Pilih Project dan jenis projek LAMW yang ingin anda buat.    

0 komentar:

Posting Komentar