Kamis, 25 Januari 2024

Memprogram Whatsapp Web dengan Free Pascal Lazarus

Hallo teman-teman, 

Pada postingan ini saya ingin berbagi sedikit pengetahuan tentang cara memprogram Whatsapp Web menggunakan bahasa pemrograman Free Pascal dan Lazarus IDE. Umumnya, memprogram Whatsapp dikenal juga dengan dengan istilah Aplikasi Whatsapp (WA) Automation atau Whatsapp Bot. Tidak masalah istilah mana yang akan anda gunakan. Intinya, aplikasi dapat mengambil dan mengirimkan pesan secara otomatis dari antarmuka aplikasi. 

Pertama-tama, untuk menyamakan persepsi, pada contoh ini saya menggunakan Free Pascal versi 3.2.2 dan Lazarus 2.2.4. Selanjutnya, kita memerlukan 2 buah package tambahan yaitu package CEF4Delphi yang bertugas sebagai Web Browser untuk membuka WhatsApp Web dan package wbot-modified sebagai antarmuka aplikasi dengan Browser. Sebelum memasang kedua package tersebut pastikan anda sudah memasang package dcpcrypt_laz yang dapat ditemukan melalui menu Package - Install/Uninstall Package di aplikasi Lazarus IDE. Berikutnya pasang package CEF4Delphi kemudian dilanjutkan dengan wbot-modified.

Sampai di sini sebenarnya anda sudah dapat membuat projek baru untuk memprogram Whatsapp Web. sebagai perkenalan, anda dapat mencompile contoh projek yang saya buat di folder demo dalam package wbot-modified. Berikut adalah tampilannya.  

Tauhidslab

Harap perhatikan bahwa agar aplikasi dapat berjalan dengan baik, download terlebih dahulu file CEF Binary. Link download dapat dilihat pada laman CEF4Delphi. Silahkan sesuaikan file binary yang akan anda download dengan spesifikasi perangkat dan OS yang anda gunakan, misal Windows 64 bits. Ekstrak file hasil download kemudian pisahkan beberapa file berikut dan letakan di dalam folder projek. 

Tauhidslab

Sebagai informasi tambahan, jika anda membuat projek baru, jangan lupa menambahkan unit-unit milik package wbot-modified di dalam unit projek anda. Selain itu, anda perlu menambahkan beberapa baris kode di dalam file *.lpr projek anda agar dapat menjalankan package CEF. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat di file wbotdemo.lpr dan umain.pas di dalam projek demo folder wbot-modified.

Selamat dan Semangat Ngoprek :D

0 komentar:

Posting Komentar