Jumat, 25 September 2020

Port Forwading Indihome dan Permasalahannya

Indihome adalah salah satu produk ISP plat merah yang konon mengusung slogan internet murah untuk rumah dengan harga ramah. Salah satu fitur yang cukup sering dimanfaatkan oleh pengguna Indihome adalah Port Forwading. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengakses port komputer lokal melalui internet. Namun demikian, setidaknya terdapat 2 buah permasalahan yang harus dipahami sebelum menggunakan fitur port forwading Indihome. 

Port Forwading Indihome dan Permasalahannya

1. IP Dynamic

Masalah utama adalah IP Public yang diberikan oleh Indihome tidak tetap (dinamis). Hal ini tentu saja membuat IP Public yang digunakan untuk mengakses port komputer lokal berubah-ubah. Untuk masalah ini Telkom memberikan solusi dengan menggunakan layanan IP Dynamic. Harganya cukup terjangkau dan pembayaran akan otomatis masuk ke tagihan Indihome. 

2. NAT 

Permasalahan kedua adalah kebijakan Network Address Translation (NAT) pada paket Indihome. Beberapa tahun lalu sejak Paket Gamer dirilis, Telkom mengeluarkan kebijakan bahwa Paket Indihome tidak akan selalu mendapat IP Public. Hal ini karena penerapan kebijakan NAT. Pengguna diharuskan untuk migrasi ke Paket Gamer agar modem selalu mendapat IP Public. 

Itulah permasalahan yang saya temukan terkait port forwading pada modem Indihome. Semoga menambah pengetahuan pembaca.. 

0 komentar:

Posting Komentar